Cara Mudah Pasang Saklar/Holder Old Vixion di New Vixion

Banyak orang awam bingung bagaimana cara agar lampu utama New Vixion bisa dimatikan saat berkendara. Bukan karena tidak mematuhi himbauan dari Pihak Kepolisian untuk menyalakan lampu utama, tapi misalkan kita masuk gang yang ramai, tidak sopan rasa jika lampu utama menyala apalagi sinar lampu utama Vixion cukup terang, oleh sebab itu dirasa perlu agar lampu utama vixion dapat dimatikan. 

Cara aman adalah dengan menggunakan saklar/holder old vixion, sehingga kita tidak perlu potong kabel ori bawaan dari Pabrikan. Langkah pertama adalah anda harus membeli Saklar/Holder Old Vixion yang asli dengan harga Rp 130.000. Langkah kedua buka headlamp dan lepar saklar bawaan NVL. Sebelum saklar old vixion dipasang, kabel-kabel yang akan kita sambungkan di dua soket (saklar OVI) di dalam batok lampu kabelnya kita lepas (copot) dari soket. Setelah semuanya terlepas, maka langkah selanjutnya merakit kabel tersebut sesuai warna kabel yang menempel disoket kabel body, anda dapat memperhatikan diagram kabelnya yang ada di soket kabel body berikut ini :

Cara menyambungkan soket kabel body dengan soket saklar/holder old vixion adalah sebagai berikut :

Kabel di soket saklar ovi   |    Kabel pada soket body NVL
  • Kabel coklat tua   ketemu kabel    coklat tua
  • Kabel hijau tua     ketemu kabel     hijau-tua
  • Kabel Hitam         ketemu kabel     hitam
  • Kabel Biru            ketemu kabel     Kuning-merah
  • Kabel Merah-hitam  ketemu kabel  Merah-hitam
  • Kabel coklat muda   ketemu kabel  Kuning polos
  • Kabel Coklat-putih  ketemu kabel  Coklat-putih
  • Kabel Pink            ketemu kabel     Pink
Yang dirubah disini adalah posisi kabel pada soket saklar old vixion menyesuaikan dengan kabel pada soket kabel body NVL. Setelah semua kabel terpasang, di soket bohlam ada 3 kabel yang tersisa yaitu 2 kabel warna hitam dan 1 warna kuning. Kabel hitam pada jalur soket tidak digunakan, jadi bisa diisolasi biar rapi begitu juga kabel kuning yang tersisa. Masih tersisa 1 kabel warna hitam dari soket/rumah bohlam, kabel tersebut harus disambungkan ke massa motor, disini anda harus menyediakan kabel tambahan skitar 10cm. Sambungkan kabel tambahan ini pada kabel hitam yang tersisa tadi, Selanjutnya anda harus menghubungkan/menjumper kabel tersebut ke kabel massa, yaitu dengan menghubungkan kabel tambahan tersebut ke kabel warna hitam yang ada disoket 6 kaki. Pasang semua soket-soket dan juga headlamp. Test On!

Cara ini cukup aman karena tidak ada pemotongan kabel body. Untuk menghembalikan ke saklar bawaan NVL jadi tidak ada perubahan (tinggal PNP). Namun ada beberapa kekurangan dengan cara ini, yaitu :
1. Lampu senja tetap menyala
2. Indikator lampu jauh akan menyala pada saat saklar diposisi menghidupkan lampu senja atau lampu utama.
3. Lampu Tembak/Dim hanya akan berfungsi pada saat saklar diposisi menghidupkan lampu senja atau lampu utama.

Tapi yang penting cara diatas bisa digunakan untuk mematikan lampu utama jadi bisa menghemat aki motor NVL anda... Selamat Mencoba!

Note : Cara ini sudah saya coba sendiri bersama bro Aqin CJ 012.

#Sumber gambar dan refrensi pemasangan : http://aripitstop.wordpress.com

3 komentar

Unknown 10 Januari 2015 pukul 00.50

Punya saya lampu senjanya engga mati... Kira kira yang harus di ubah apanya ya..

Unknown 28 Agustus 2015 pukul 07.57

Berguna kali ah
mkasi bg

Anonim

bos, share buat pasang di cbr old dong, thank

Posting Komentar