Kampanye Safety Riding bersama Polres Jembrana

Senin, 3 Juni 2013 - Dalam Bulan Bhakti Pelayanan Prima dan Ops. Simpatik 2013 Polres Jembrana menggelar kegiatan yang bertajuk "Kampanye Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas". Dalam acara ini, Polres Jembrana mengundang Siswa/i SMA/SMK se-Kec. Negara dan Club/Komunitas motor yang ada di Jembrana untuk ikut serta dalam upacara pembukaan Bulan Bhakti Pelayanan Prima dan Ops. Simpatik 2013 yang bertajuk "Kampanye Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas".

Bertempat di Gedung Kesenian Bung Karno (Twin Tower), Acara dimulai dengan diadakannya Apel/Upacara untuk penyematan bagi perwakilan Siswa/i dan Bikers Jembrana sebagai Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas. Dilanjutkan dengan acara Konvoi Safety Riding berkeliling di Kota Negara.

Angka kecelakaan lalu lintas di Jembrana terbilang cukup tinggi. Dari data yang berhasil dihimpun, mulai tahun 2013 sampai Bulan Mei lalu, jumlah angka kecelakaan sebanyak 89 perkara kecelakaan lalu lintas di Jembrana.

Dari jumlah itu, sebanyak 28 korban yang meninggal duni, kemudian 114 luka ringan dan kerugian materi Rp 147.290.100.

Tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Jembrana disampaikan Kasat Lantas Polres Jembrana AKP Heri Supriawan mendampingi Wakapolres Jembrana Kompol Syamsudin usai apel besar kampanye pelopor keselamatan 2013 di areal halaman Gedung Kesenian Bung Karno, Senin (3/6).

Menurutnya, untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas yang cukup tinggi itu, memang diperlukan untuk dilakukan solusi,  Apalagi banyak juga sampai menyebabkan korban hingga meninggal dunia.

Rata-rata penyebab terjadinya kecelakaan tersebut, didominasi faktor manusianya, di antaranya tak mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Salah satu untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas terutama di lintas jalan nasional atau jalur Denpasar Gilimanuk,  menggandeng terhadap para pelajar untuk melakukan sosialisasi.

Dalam sosialisasi tersebut melibatkan pelajar dari SMA TP 45 Pariwisata, SMA Ngurah Rai, SMA Saraswati,SMA PGRI 1 Negara, SMK PGRI, SMA PGRI 2 Negara, SMA 2 Mendoyo serta Yamaha  Vixion Club Jembrana dan Honda Owner Community (HOCY) Bali Barat, serta Dinas Perhubungan Pemkab Jembrana.

Diharapkan, dengan langkah sosialisasi ini, akan meningkatkan para pengguna jalan raya terutama anak-anak muda untuk mematuhi aturan dan tertib berlalu lintas di jalan. Tak hanya dilakukan apel di halaman GKBK, tetapi juga melakukan konvoi keliling Kota Negara, dengan membagikan brosur serta coklat.