Bagi para pengguna New Vixion, alangkah baiknya bila sedikit tau tentang tunggangannya sendiri, dalam hal ini akan dibahas internal dapur pacu dan sistem jeroannya, check it out!! Kita Mulai dari Hal pertama Yakni Tangki BBM . . . walaupun Tangki New
Vixion terlihat secara desain dibuat berbeda dibanding Vixion yang
terdahulu akan tetapi masalah volume bahan bakar yang bisa ditampung
tetap sama mas bro . . . perbedaan signifikan terlihat pada model
Penutup mulut tangki yang dibuat rata ala motor motor sport sekarang,
lalu jika kita buka tutup tangkinya menggunakan kunci laser cut maka
akan terlihat sebuah lubang kecil yang merupakan lubang OverFlow yang
sepertinya dimaksudkan untuk pencegah bensin beleber di permukaan
tangki.
Lalu masuk ke dalam Tangki . . . salah satu part penting dalam sistem
Injeksi adalah Fuel Pump . . . nah New Vixion telah menaggalkan desain
Fuel Pump Vixion lama yang besar . . .menggantinya dengan Fuelpump
berdimensi kecil dan sudah berteknologi brushless sehingga irit
pemakaian listrik !! . . . yaaah mirip memang dengan Fuel Pump Mio J . .
. Kalo daya tekan Fuel Pump Mio J bisa mencapai 324 Kpa, kira kira daya
tekan FP New Vixion ini berapa ya ?
Dari Tangki kita masuk ke jeroan mesin . . . filter udara masih sama
tempatnya yakni di bawah tangki bbm bagian belakang dengan arah udara
hisapan dari bawah jok. so buat bro bro yang meminang new Vixion ini
jangan naroh plastik, jas ujan ataupun lap di daerah bawah jok rider ya,
disinyalir bisa membuat aliran udara ke pembakaran terhambat nantinya
Jeroan mesin menyangkut piston dan silinder terlihat tidak banyak
perubahan masih DIasil Cylinder plus Forged Piston yang memang menjadi
Nilai plus dari mesin yamaha, Bro bisa lihat betapa piston tidak terlalu
tebal karena bahannya (tempa) yang kuat membuat bobotnya ringan
sehingga Muaranya diharapkan mudah berakselerasi. Transmisinya tetap
lima seperti mas bro bisa lihat dari Jumlah bilah gir transmisi . Tempat
filter Oli masih pada tempat biasa.
ECU dari New Vixion berbeda dibanding ECU Vixion lama . . .ECU New
vixion sudah menggunakan chip 33 PIN dan dengan Alat Diagnostic Tool
Kita dapat membaca 16 Variabel data dari Vixon baru ini . . . sangat
berbeda dan lebih advance dibanding vixion lama tentunya . . . data
diagnosa bila ada masalah menjadi lebih lengkap. TMCblog mensinyalir ECU
New Vixion ini di seting lebih berat kerjaannya dibanding Vixion lama,
karena sperti kita ketahui bobot Vixion baru lebih bila dibandingkan
vixion lama, bannya tambah lebar . . . butuh setingan lebih agar mindset
irit vixion tetap terjaga.
Menurut Info yang tmcblog terima bank angle sensor dari New Vixion
mengalami pemindahan posisi dari yang asalnya di daerah dekat jok rider
pada Vixion lama, menjadi di bawah jok buritan (belakang) untuk yang
satu ini tmcblog belum menemukan lebatpenyebabnya . .. namun secara
fungsi disinyalir sih sama saja...
Masuk ke daerah pembuangan akhir . . . Mufflernya cukup memiliki dimensi
yang rasanya memang lebih besar dibanding vixion lama . . . suara nya
disinyalir mamng lebih ngebas . .. walaupun sudah menggunakan sensor O2
sistem pembuangan standar New Vixion tetap ditambah Logam mulia yang
dibentuk honey comb dan berfungsi sebagai katalitik yang mengubah gas
buang berbahaya menjadi gas yang ramah lingkungan . . .okeh untuk
selanjutnya silahkan dikunyah kembali galeri gambar berikut ini . . .
semoga berguna
sumber : http://tmcblog.com
0 komentar
Posting Komentar